Gusti Travel

Bandara Kuala Namu Diresmikan Presiden SBY Pada 19 September

Bandara Kuala Namu di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, yang menggantikan Bandara Polonia, Medan, akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada 19 September mendatang. Peresmian ini mundur beberapa hari dari jadwal sebelumnya yang direncanakan pada 9 September. “Awalnya peresmian akan dilaksanakan pada 9 September, akan tetapi istana yang tentukan tanggalnya, kita menyesuaikan,” kata Direktur Pengembangan Kebandarudaraan dan Teknologi PT Angkasa Pura II (Persero) Salahuddin Rafi kepada Investor Daily di Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Bandara Kuala Namu sendiri telah beroperasi sejak 25 Juli lalu sesuai dengan dokumen AIRAC AIP (Aeronautical Information Regulation And Control/Aeronautical Information Publication) Supplement No: 03/13 tertanggal 30 Mei 2013. Pada tanggal 25 Juli tersebut, Bandara Polonia secara resmi juga ditutup bagi penerbangan komersial. “Dengan demikian, untuk seterusnya, seluruh kegiatan pelayanan operasional penerbangan dari dan menuju Medan dilakukan di Bandara Kualanamu,” ungkap Direktur Utama AP II Tri S. Sunoko saat peluncuran perdana Bandara Kuala Namu 25 Juli lalu.

Bandara yang memiliki jarak sekitar 40 kilometer dari kota Medan ini memiliki kapasitas 8,1 juta penumpang per tahun pada pengembangan tahap I sekarang ini. Sementara pada pengembangan tahap lanjutan seperti yang sudah direncanakan, Bandara Kuala Namu akan memiliki kapasitas 22 juta penumpang per tahun.

Foto: Tri Setyo Wijanarko/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Tinggalkan Balasan