Empat Rute dari Bandara Halim Dilirik oleh Citilink

19th Dec 2013

Anak perusahaan Garuda Indonesia yang fokus dalam mengembangkan bisnis penerbangan berbiaya rendah, Citilink Indonesia, telah membidik empat rute penerbangan dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. “Kami ajukan untuk ke Palembang, Yogyakarta, Semarang, dan Malang dengan total 16 penerbangan,” kata Chief Executive Officer Citilink Indonesia Arif Wibowo.

Menurut Arif, Bandara Halim Perdanakusuma memiliki fasilitas yang terbatas sehingga kurang cocok digunakan sebagai operasional penerbangan komersial berjadwal. Karena itu, Bandara Halim Perdanakusuma pun hanya akan dibuka bagi penerbangan komersial berjadwal untuk sementara saja selama Bandara Soekarno-Hatta menjalani perbaikan. “Bandara Halim itu infrastrukturnya terbatas, punya TNI, dan desainnya masih belum sesuai komersial,” ucapnya.

Arif mencontohkan, berbagai keterbatasan yang dimiliki Bandara Halim Perdanakusuma antara lain lahan parkir mobil dan lahan parkir pesawat yang masih minim. Dengan keterbatasan itu, pihaknya cukup khawatir tingkat ketepatan waktu maskapai penerbangan berada di bawah 60 persen dan berdampak buruk pada terhadap penerbangan-penerbangan lainnya.

Sementara itu, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Halim Perdanakusuma mengatakan, revonasi bandara diperkirakan selesai pada akhir Desember 2013 dan sudah bisa beroperasi melayani penerbangan komersial berjadwal mulai 10 Januari 2014. “Sesuai kesepakatan dengan TNI Angkatan Udara dan Kementerian Perhubungan, Bandara Halim mulai beroperasi untuk penerbangan komersial berjadwal pada 10 Januari 2014,” kata Direktur Keuangan Angkasa Pura II Laurensius Manurung.

Foto: Yulianus Liteni/PhotoV2.com for Indo-Aviation.com

Leave a Reply